Selamat Datang

Selamat Datang di Blog Ini Tempat Anda Berbagi Informasi.
Anda bisa Mengambil Data yang ada selagi Mencamtumkan Tempat Pengambilan.

Rabu, 10 November 2010

Artikel Humas

Humas dan Perguruan Tinggi
Adlan Sanur Th

Humas biasa disingkat dengan hubungan masyarakat dan dalam bahasa asingnya biasa disebut dengan PR (Public Relation). Hubungan masyarakat atau Public Relations adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat atau lingkungan disekitarnya. Humas memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam mempromosikan sebuah organisasi atau institusi termasuk Perguruan Tinggi. Ibaratnya antara humas dan Perguruan Tinggi itu seperti mata uang yang saling membutuhkan satu sama lain dan menopang.
Berbicara mengenai Humas (PR), ianya adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga tersebut maupun masyarakat yang terkait. Pada hakekatnya makna dari "hubungan masyarakat" (humas, kehumasan, public relations) adalah prilaku atau sikap untuk menjadi tetangga dan warga yang baik (to be a good neighbour and citizen). Sudah tentu humas menjadi garda terdepan dalam meramu dan meracik sebuah perguruan tinggi untuk bisa dinikmati dan diketahui oleh orang lain dan membuatnya tertarik untuk memasuki perguruan tinggi tersebut.
Pekerjaan utama baca inti dari PR sebenarnya adalah Human Relation (HR) yang bukan hanya sekedar hubungan antar manusia, tetapi lebih bersifat interaksi antara seseorang dengan orang lain, memperhatikan orang lain, bersikap ramah dan jujur. Sebagai contoh umpamanya jika setiap PRO (Public Relations Officer) mempunyai human relations yang baik yang mencerminkan sikap tersebut, dijamin akan membuat orang lain yang dihadapinya senang dan puas.
Dalam arti luas HR berarti komunikasi yang persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan sehingga menimbulkan kepuasan kedua belah pihak. Dalam arti sempit penekanan HR pada situasi kerja atau dalam bidang organisasi (kelompok) bertujuan menggugah kegairahan dan kegiatan bekerja, kerja sama yang produktif yang diwarnai dengan rasa bahagia dan puas hati. Tetapi paradigma yang tertanam di masyarakat selama ini adalah humas berkaitan dengan menjalin hubungan dengan media lain katakanlah dengan media massa.
Memang untuk menjadi seorang Human Relation bukanlah hal yang mudah perlu menguasai prinsip-prinsip dari ilmu komunikasi. Komunikasi dalam bahasa Latin tertulis "communication" yang berarti "berbagi" atau "menjadi milik bersama". Sedangkan dalam kamus "Webster's New Collegiate Dicationary" ed. 1977, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi di antara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda dan tingkah laku". Bagi perguruan tinggi tentu kalau ingin maju mesti membangun jaringan (networking) dengan institusi lainnya.
Kota Bukittinggi terkenal dengan julukan kota pendidikan selain kota wisata dan perdagangan dengan berbagai Perguruan Tinggi yang tumbuh dan berkembang. Dalam situs kota Bukittinggi dilansir tentang jumlah perguruan tinggi yang ada di kota Bukittinggi. Setidaknya terdapat 14 Perguruan Tinggi yang tercatat di dinas Pendidikan baik negeri maupun swasta. Ini merupakan potensi yang besar bagi kota Bukittinggi. Pertanyaannya kemudian apakah perguruan tinggi di kota Bukittinggi sudah punya humas atau apapun namanya untuk mempromosikan perguruan tingginya? Jangan-jangan untuk mencari berita dari kuli tinta (wartawan) terhadap perguruan tinggipun terasa susah. Siapa yang akan ditemui, dan dimana data yang bisa diambil dari perguruan tinggi masih terasa sulit bagi media lain. Mudah-mudahan ini menjadi pemikiran bagi semua perguruan tinggi yang ada di kota Bukittinggi.
Tulisan ini Sudah Pernah di Muat di Harian Haluan Sumatera Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar